Wednesday, June 11, 2014

MANDI BERKERINGAT PENYEBAB PANU ???

Langsung Mandi Setelah Berkeringat Bisa Timbulkan Panu, Mitos atau Fakta?

Ajeng Annastasia Kinanti - detikHealth
Kamis, 24/04/2014 12:34 WIB
Ilustrasi (Foto: thinkstock)

Jakarta,
 Meskipun kecil, panu kerap menurunkan kepercayaan diri seseorang. Saking populernya, berbagai macam informasi tentang panu pun sering beredar. Salah satunya menyebutkan bahwa langsung mandi setelah berkeringat bisa menimbulkan panu. Apa kata dokter?

"Ini hanya mitos. Panu bisa malah timbul saat berkeringat dan baju basah tidak diganti tapi dibiarkan berlama-lama sehingga kering kembali di badan," terang dr Eddy Karta, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin di EDMO Clinic Jakarta, kepada detikHealth, dan ditulis pada Kamis (24/4/2014).

Penyakit panu atau disebut juga dengan pityrias versicolor adalah infeksi oleh jamur Malassezia furfur, yang dapat menyerang anak-anak atau orang dewasa muda. Jamur tersebut mengganggu proses pigmentasi normal sehingga menimbulkan perubahan warna atau belang pada kulit. Daerah yang paling sering terkena adalah leher, punggung atas, dada, wajah dan bahu. Jika tidak segera diobati, infeksi ini makin lama akan membesar dan menyebar ke daerah di sekitarnya.

Menurut dr Eddy, jamur penyebab panu memang merupakan jamur yang normalnya terdapat pada tubuh semua orang. Oleh karena itu, jamur tidak digolongkan sebagai penyakit menular.

"Sifatnya yang selalu ada di badan tidak bisa dihilangkan begitu saja. Maka pengobatannya juga memerlukan waktu lama. Minimal 2 pekan untuk menekan jumlah jamur dan minimal 2 bulan agar warna kulit kembali seperti semula," tutur dr Eddy.

Jika Anda ingin mencegah datangnya panu, dr Eddy menyarankan Anda untuk menjaga tubuh tidak dalam kondisi lembab dalam jangka waktu yang lama. Sebaiknya segera mengeringkan tubuh dengan handuk dan berganti pakaian yang kering setelah berolahraga, baru kemudian mandi.

Selain itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah agar tak tertular panu, di antaranya:

1. Jangan malas melap keringat.
2. Tidak berbagi barang pribadi dengan orang lain seperti handuk, sabun batang, sepatu atau sandal saat menggunakan fasilitas umum.
3. Menggunakan alas kaki jika sedang berjalan di tempat yang lembab seperti kamar mandi umum, tempat bilas atau di sekitar kolam renang.
4. Membilas tubuh dengan sabun antiseptik setelah selesai berenang
.

1 comment:

  1. Askepnya sangat lengkap, bisa kami jadikan referesni kami guna menyajikan artikel kesehatan yang kredibel senang berkunjung dan menyimak halaman anda,
    Pencegahan Kanker Serviks
    Bahaya Keputihan

    ReplyDelete