Thursday, June 14, 2018

MENGUBAH HARDDISK INTERNAL PC JADI HARDDISK EKSTERNAL MENGGUNAKAN POWER SUPPLY


Punya power supply komputer bekas?? atau harddisk bekas??  Tutorial berikut mungkin bisa membantu. Power supply bisa kita gunakan untuk carger, menyalakan lampu, membuat hardisk besar jadi hardisk external dan lain-lain. tapi kali ini kita akan membahas tentang harddisk eksternal.


1. Sediakan power supply yang akan di hidupkan tanpa motherboard.
 power supply bekas pun bisa anda gunakan.



 2. Sediakan harddisk pc / laptop








3. Sediakan Kabel Jumper
 yang ukurannya kawatnya sama dengan lubang kabel pada power supply. Hindari mengunakan kabel atau kawat yang telanjang tanpa karet pelindung karena akan terjadi korslet jika kabel atau kawat telanjang tersebut menyentuh body powersuply yang menyebabkan kerusakan.

Menyalakan Power Supply Tanpa Mobo

- Kupas kedua ujung kabel dan pasang salah satu ujungnya ke lubang yang memiliki kabel berwarna hijau dan satunya lagi ke lubang yang memiliki kabel berwarna hitam.
- Tekan kawat atau kabel yang telah di masukan ke lubang yang memiliki kabel berwarna hijau dan hitam hingga tidak ada lagi kabel yang telanjang.
- Setelah kedua ujung sudah tersambung maka secara otomatis powersupply akan menyala apabila disambungkan ke stok kontak.


4. Sediakan Kabel Sata/IDE ke USB
 kenapa pake Sata/IDE ? karena kita memanfaatkan barang2 bekas, jd harddisk lama yg menggunakan IDE pun bisa kita manfaatkan.

 5. Sediakan Kabel SATA


 6. Selanjutnya anda hubungkan kabel ke konektor masing masing.


Nah sekarang anda sudah bisa menikmati harddisk external, anda koneksikan kabel usb dari Harddisk ke port USB di PC/Laptop. semoga bermanfaat, apabila ada pertanyaan silahkan isi di kolom komentar.

 
 

No comments:

Post a Comment